Kamis, 19 Mei 2011

Museum House of Sampoerna (versi Indonesia)

Museum House of Sampoerna (HOS), sebuah museum milik keluarga Sampoerna yang menyimpan jejak-jejak historis usaha mereka membangun emporium bisnis rokok sejak 1913. Dulu lokasi ini merupakan pabrik rokok pertama Liem Seeng Tee, pendiri perusahaan rokok Sampoerna. Tempat ini sekarang lebih tenar dengan nama Taman Sampoerna. Sampai sekarang fungsinya juga masih sebagai pabrik linting, cuma bagian depannya sekarang dijadikan Museum & Cafe.



Dibagian samping musuem ada rumah kediaman keluarga Sampoerna tempo doeloe. Arsitekturnya bergaya Belanda. Sekaang sudah tidak dihuni lagi, tetapi visitor tetap dilarang masuk kedalam. Antara rumah sama museum, terparkir manis sebuah Rolls Royce kuno milik keluarga Sampoerna yang dulu pernah disita waktu pendudukan Jepang.



Masuk lebih ke dalam lagi, anda akan menemukan foto-foto keluarga besar Sampoerna terpajang rapi. Selain itu visitor diperlihatkan benda-benda bersejarah dipakai buat produksi rokok Sampoerna. Di lantai 2 ada It’s A Store. Toko yang menjual pernak-pernik merchandise Sampoerna dan juga benda-benda signature budaya Indonesia. Ada wayang golek, topeng, buku, baju hingga gantungan kunci. Dari lantai atas, pada siang hari kita bisa lihat kesibukan buruh2 yang lg asyik melinting rokok. Dulunya bagian pabrik ini merupakan salah satu gedung theatre paling besar di Jawa Timur.


So, this place is very recommended to visit if u come to Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar